Senin, 20 April 2015

Cara Pembuatan Website & Hasil Pembuatan atau Penerapannya

Nama              : Dede Syafrizal
Kelas               : 3IA25
NPM                : 51412782
TUGAS           : Softskill 4
Cara membuat website sendiri sebenarnya agak sedikit merepotkan, tergantung cara kita melakukannya. Untuk membuat sebuah website sebenarnya bisa menggunakan domain TLD apa saja, tapi kali ini saya akan membahasnya khusus dengan domain .com, karena domain ini memberikan beberapa keuntungan dalam penggunaannya.
Ada 3 cara untuk membuat website .com sendiri, yaitu:
1.    Level Pemula
2.    Level Menengah
3.    Level Sulit

      A.     Cara Membuat Website Dari Blog Gratis
Mungkin di sini ada yang mau langsung komplain bahwa blog itu tidak sama dengan website. Sebenarnya yang seperti ini tidak perlu diributkan karena pada dasarnya kita akan membuat halaman-halaman yang bisa diakses di dunia maya, Blog tidak lain dari sebuah website dengan fungsi yang terbatas, karena masih bergantung pada kebijakan “inang”-nya.
1.      kita harus membuat akun blog. Pelajari cara membuatnya di artikel CARA MEMBUAT BLOG. Harap lakukan tahapan-tahapan yang ada di artikel tersebut dengan seksama.
2.      Setelah blog jadi silahkan cari template blog yang rasa cukup representatif untuk mewakili karakter atau yang diinginkan. Untuk mencari template yang sesuai dengan selera kita silahkan baca artikel DOWNLOAD TEMPLATE BLOG KEREN DAN GRATIS
3.      Jikasudah mendownload template blog yang disukai, silahkan pasang template tersebut di blog kita saat ini. Baca artikel CARA MENGGANTI TEMPLATE BLOG
4.      Sekarang kita sudah membuat blog yang akan menjadi website sederhana. Tapi kalau punya sedikit kemampuan pemrograman, maka sebaiknya lanjut dengan mengedit template menjadi SEO Friendly. Pelajari caranya di artikel CARA MEMBUAT TEMPLATE BLOG SEO FRIENDLY
5.      Setelah menyelesaikan tahap terakhir di atas, maka kita sudah selesai membuat website sederhana ini, yang perlu dilakukan sekarang tinggal mengisi artikel-artikel ke dalam website sederhana ini. (Baca di CARA MEMBUAT ARTIKEL DI BLOGGER)
6.      Setelah kita selesai membuat website dari blog gratis, maka saatnya mengganti domainnya menjadi .com

      B.     Mengganti Domain Jadi .COM
Karena kita menggunakan blog gratis, maka jelas tidak memerlukan hosting. Kita hanya memerlukan nama domain. Untuk memudahkan, saya berikan masukan yang praktis saja. Kita bisa Googling untuk mencari penyedia jasa hosting dan nama domain, lalu hubungi Customer Servicenya dan beritahu bahwa hanya ingin membeli nama domain. Selebihnya CS yang akan mengarahkan perintah selanjutnya.
Berikut langkah-langkah merubah blogspot menjadi .com :
1.      Login ke blog, lalu pilih menu Setting / Setelan, kemudian klik : Tambahkan domain khusus.
2.      Masukkan nama domain pada kolom yang tersedian (tulis lengkap dengan www.). Setelah itu klik petunjuk setelan.
3.      Pilih “On a top-level domain (www.example.com)” . Disini kamu dapat melihat kode CNAME dan A Record.
Keterangan:
CNAME dan A Record akan dipergunakan pada langkah ke-5 dari panduan ini. Perlu diperhatikan, terdapat dua ‘pasang’ CNAME dan terdapat 4 IP A Record.
·         First CNAME : Name Host adalah ” www ” sedangkan Target atau Value adalah ” ghs.google.com ”
·         Second CNAME : Name Host adalah ” ZOMU7IBI3NJS ” sedangkan Target atau Value adalah ” gv-5XDFI5PKX5BTZW.dv.googlehosted.com. Second CNAME bersifat unik atau kodenya berbeda di setiap blog. Kode di atas hanya sebagai contoh saja.
Kode CNAME adalah yang berada diantara tanda kutip.
Sementara A Record adalah :
216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21
4.      Login ke panel admin untuk domain kamu. Jika membeli domain di KiosGalesong.net atau IDwebhost maka login ke : Idwebhost.com/manage.
5.      Pilih CNAME Records. Kemudian klik “Tambah CNAME Record“. Masukkan CNAME (sebagaimana ditunjukkan pada langkah ke 3 di atas) pada kolom yang tersedia.
6.      Pilih A Records. Kemudian klik “Tambah A Record.
Ulang langkah ini dengan menginputkan kode IP yang lain, yaitu :
216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21
7.      Pengaturan manage DNS telah selesai, secara default butuh waktu 1×24 jam untuk resolve domain, namun biasanya sekitar 6-7 jam sudah mengarah.
8.      Tunggu waktu proses, Setelah sekitar 6 – 7 jam, ulangi proses atau langkah pada poin ke 2 & 3  di atas lalu klik “SIMPAN” (bukan lagi “petunjuk setelan”).  Jika terdapat pesan error, kita abaikan saja!Hal itu berarti kamu harus lebih bersabar beberapa saat lagi hingga proses resolve domain berhasil.
9.      Setelah berhasil mengalihkan domain blogspot ke domain dot com yang baru. Satu langkah lagi tersisa. Klik Edit pada domain yang baru saja anda alihkan. Lalu Centang pengalihan domainkamu.com ke http://www.domainkamu.com
10.  Klik atau pilihSimpanmaka Selesai.
Referensi Buku :
Buku Pintar Pemrograman Web. Buku berbasis pengetahuan tentang web site programming, mulai dari HTML, PHP, MySQL, Javascript, Blogspot dan JQuery. 2007.
Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar