Senin, 08 Juni 2015

PENGHANTAR TEKNOLOGI GAME



NAMA           : DEDE SYAFRIZAL
KELAS          : 3IA25
NPM               : 51412782
TUGAS          : SOFTSKILL 3


MIT app inventor 2 adalah sebuah pembuatan aplikasi android berbasis web, jadi pengguna membuat game android secara online dengan cara mengakses url : http://ai2.appinventor.mit.edu/ dengan adanya MIT ini kita dipermudah dalam pembuatan game pada android. Karena kita tidak diwajibkan untuk menginstall program apapun seperti eclipse. Kita hanya membuat game atau aplikasi didalam web-nya saja, tentunya kita juga harus mempunyai kuota internet atau PC kita harus terhubungan dengan jaringan internet.

Game yang saya buat kali ini adalah game kuis tentang pengetahuan user tentang sejarah komputer dan jaringan komputer. Tujuannya selain untuk hiburan juga membantu user untuk belajar tentang sejarah komputer dan jaringan komputer.

Pertama buatlah Project pada MIT APP INVENTOR 2:
Klik Project lalu pilih start new project.

Pertama buatlah pengaturan sesuai dibawah ini :
Untuk screen1:
-          Label (untuk mencetak kalimat pada tampilan awal game)
-          Canvas (sebagai gambar tampilan awal game)
-          Button (tombol untuk memulai game Kuis ini)
Untuk screen2-11
-          Label1 (untuk mencetak soal kuis yang akan kita buat)
-          Button1 (sebagai jawaban yang akan dipilih oleh user)
-          Button2 (sebagai jawaban yang akan dipilih oleh user)
-          Button3 (sebagai jawaban yang akan dipilih oleh user)
-          Button4 (sebagai jawaban yang akan dipilih oleh user)
-          Label2 (untuk mencetak perintah ‘Pilih Jawaban’, dan jika jawaban salah maka akan berubah klimatnya menjadi ‘SALAH’ jika benar ‘BENAR’
-          Button5 (sebagai tombol untuk melanjutkan kesoal selanjutnya, tetapi jika jawaban salah tombol ini tidak akan muncul)
Untuk screen12
-          Label (untuk mencetak kalimat ‘selemat anda berhasil...!!!’ sebagai penghargaan untuk user yng sudah menyelesaikan gama kuis ini.
-          Image (gambar tampilan akhir game)
-          Button (sebagai tombol unruk mencoba kuis lagi)
-          Button (sebagai tombol unruk mengakhiiri kuis dan game)

Mole :



Ini adalah blok program screen1 :







Loikanya adalah jika kita menekan button1 dengan nama ‘Mulai kuis’ pada tampilan game maka kita akan diarahkan ke screen2 untuk memulai kuis.

Ini adalah blok program screen2-11:

Logikanya adalah kita akan diperintahkan oleh program untuk memilih salah satu jawaban yang menurut user benar dengan menekan salah sati tobol jawaban yang ada. Lalu program akan memeriksa apakah pilihan user benar atau salah, jika benar maka kondisinya button5  akan muncul dengan kata ‘Lajut’ dan output pada label2 akan berubah menjadi kata ‘BENAR” dengan warna hijau, jika tidak maka button5 tidaj akan muncul dan label2 berubah menjadi kata ‘SALAH’ dan bewarna merah. Hal ini berlaku untuk screen2-11.

Ini adalah blok program screen12 :


Logikanya adalah jika user sudah menyelesaikan semua soal maka user akan diarahkan ke screen12 lalu diminta untuk memilih apakah ingin memulai game lagi atau kelur dari game dengan menekan tombol ‘coba lagi’ dan ‘Keluar’.

Output aplikasinya adalah :


DOWNLOAD APLIKASI:
https://drive.google.com/file/d/0B6i2n8c35fkueEo0bFcxOGVYT3c/view?usp=sharing
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar