NAMA :
DEDE SYAFRIZAL
KELAS :
3IA25
NPM :
51412782
TUGAS : SOFTSKILL 3
MIT app
inventor 2 adalah sebuah pembuatan aplikasi android berbasis web, jadi pengguna
membuat game android secara online dengan cara mengakses url : http://ai2.appinventor.mit.edu/ dengan adanya MIT ini kita dipermudah dalam pembuatan game pada
android. Karena kita tidak diwajibkan untuk menginstall program apapun seperti
eclipse. Kita hanya membuat game atau aplikasi didalam web-nya saja, tentunya
kita juga harus mempunyai kuota internet atau PC kita harus terhubungan dengan
jaringan internet.
Game yang
saya buat kali ini adalah game kuis tentang pengetahuan user tentang sejarah
komputer dan jaringan komputer. Tujuannya selain untuk hiburan juga membantu
user untuk belajar tentang sejarah komputer dan jaringan komputer.
Pertama
buatlah Project pada MIT APP INVENTOR 2:
Klik Project
lalu pilih start new project.
Pertama
buatlah pengaturan sesuai dibawah ini :
Untuk screen1:
-
Label (untuk mencetak kalimat pada tampilan awal game)
-
Canvas (sebagai gambar tampilan awal game)
-
Button (tombol untuk memulai game Kuis ini)
Untuk
screen2-11
-
Label1 (untuk mencetak soal kuis yang akan kita buat)
-
Button1 (sebagai jawaban yang akan dipilih oleh user)
-
Button2 (sebagai jawaban yang akan dipilih oleh user)
-
Button3 (sebagai jawaban yang akan dipilih oleh user)
-
Button4 (sebagai jawaban yang akan dipilih oleh user)
-
Label2 (untuk mencetak perintah ‘Pilih Jawaban’, dan
jika jawaban salah maka akan berubah klimatnya menjadi ‘SALAH’ jika benar ‘BENAR’
-
Button5 (sebagai tombol untuk melanjutkan kesoal
selanjutnya, tetapi jika jawaban salah tombol ini tidak akan muncul)
Untuk
screen12
-
Label (untuk mencetak kalimat ‘selemat anda
berhasil...!!!’ sebagai penghargaan untuk user yng sudah menyelesaikan gama
kuis ini.
-
Image (gambar tampilan akhir game)
-
Button (sebagai tombol unruk mencoba kuis lagi)
-
Button (sebagai tombol unruk mengakhiiri kuis dan
game)
Mole :
Ini adalah
blok program screen1 :
Loikanya adalah
jika kita menekan button1 dengan nama ‘Mulai kuis’ pada tampilan game maka kita
akan diarahkan ke screen2 untuk memulai kuis.
Ini adalah
blok program screen2-11:
Logikanya adalah
kita akan diperintahkan oleh program untuk memilih salah satu jawaban yang
menurut user benar dengan menekan salah sati tobol jawaban yang ada. Lalu program
akan memeriksa apakah pilihan user benar atau salah, jika benar maka kondisinya
button5 akan muncul dengan kata ‘Lajut’
dan output pada label2 akan berubah menjadi kata ‘BENAR” dengan warna hijau,
jika tidak maka button5 tidaj akan muncul dan label2 berubah menjadi kata ‘SALAH’
dan bewarna merah. Hal ini berlaku untuk screen2-11.
Ini adalah
blok program screen12 :
Logikanya adalah
jika user sudah menyelesaikan semua soal maka user akan diarahkan ke screen12
lalu diminta untuk memilih apakah ingin memulai game lagi atau kelur dari game
dengan menekan tombol ‘coba lagi’ dan ‘Keluar’.
DOWNLOAD APLIKASI:
https://drive.google.com/file/d/0B6i2n8c35fkueEo0bFcxOGVYT3c/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar