Tugas Softskill 2
Nama : Dede Syafrizal
NPM : 51412782
Kelas : 3IA25
Ada sebuah pengaruh terhadap kebudayaan dan juga teknologi dari suatu
desain pemodelan grafis. Budaya yang digunakan sebagai sumber pemikirnan utnuk
mengembangkan suatu desain grafis. Banyak budaya kita yang menarik digunakan
sebagai desain grafis, sebagai contohnya adalah kerajinan kain daerah, keramik
dan masih banyak lainnya.
Kerajinan kain daerah merupakan warisan turun menurun dari nenek moyang
yang sangatlah indah untuk dijadikan sebagai sumber pikiran dalam melakukan
pembuatan desain grafis, contoh perealisasiannya adalah batik dan songket.
Sedangkan teknologi pun turut andil untuk perkembangan desain grafis. Dengan
semakin majunya perkembangan teknologi maka semakin mudah bagi kita untuk
menciptakan karya desain grafis dengan waktu yang cepat dan kita pun bisa
menghasilakn banyak sedali desain grafis sehingga lebih mengefisienkan
segalanya.
Desain Pemodelan Grafis juga
berkaitan erat dengan grafik komputer. Berikut kegiatan yang terkait dengan
grafik komputer :
·
Pemodelan geometris yaitu menciptakan model matematika
dari objek- objek 2D dan 3D.
·
Rendering yaitu memproduksi citra yang lebih solid
dari model yang telah dibentuk.
·
Animasi yaitu menetapkan/menampilkan kembali tingkah
laku/behavior objek bergantung waktu.
·
Kerangka Grafik Komputer.
·
Graphic library/package (contoh:Open GL) adalah
perantara aplikasi dan display hardware (Graphic System).
·
Application program memetakan objek aplikasi ke
tampilan/citra dengan memanggil graphics library.
·
Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi
citra.
·
Citra merupakan hasilakhir dari sintesa, desain,
manufaktur, visualisasi dll.
Pengaruh lain dari
kebudayaan dan teknologi desain pemodelan grafis yang lainnya adalah
Pengiklanan. Pengiklan harus mengetahui peranan yang dimainkan oleh budaya,
subbudaya dan kelas sosial pembeli. Budaya adalah penyebab paling mendasar dari
keinginan dan perilaku seseorang. Budaya merupakan kumpulan nilai-nilai dasar,
persepsi, keinginan dan perilaku yang dipelajari oleh seorang anggota
masyarakat dari keluarga dan lembaga penting lainnya.
Setiap kebudayaan terdiri dari sub-budaya – sub-budaya yang lebih kecil
yang memberikan identifikasi dan sosialisasi yang lebih spesifik untuk para
anggotanya. Sub-budaya dapat dibedakan menjadi empat jenis: kelompok
nasionalisme, kelompok keagamaan, kelompok ras, area geografis. Banyak
subbudaya membentuk segmen pasar penting dan pemasar sering kali merancang
produk dan program pemasaran yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.
Ada 6 bidang
studi yang berkaitan dengan Desain Pemodelan Grafis antara lain sebagai
berikut:
- Psikologi perilaku dan kognitif dikonsentransikan dengan pemahaman perilaku manusia, persepsi, proses kognitif dan keahlian mengontrol motorik, dan mengajukan model proses tersebut yang dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat ke dalam metode pencocokan mesin terhadap pengguna manusia. Pengalaman psikologi menyediakan teknik evaluasi formal untuk mengukur kinerja objektif dan opini subjektif dari sistem manusia-komputer.
- Ergonomi dikonsentrasikan lebih pada aspek fisik dari pencocokan mesin ke manusia, dan didukung suatu data antropometrik yang menyediakan pedoman dalam desain tempat kerja dan lingkungannya, papan ketik komputer, dan layar monitor dan aspek fisik dari alat-alat antarmuka antara manusia dan mesin.
- Sosiologi dalam konteks ini dikonsentrasikan dengan studi dari pengaruh sistem manusia-komputer pada struktur lingkungannya.
- Antropologi (Ilmu Manusia) dikonsentrasikan dengan studi dari interaksi antara manusia dengan komputer komputer. Dimana interaksi ini dipengaruhi oleh teknologi yang ada (sebagai contoh di kantor), antropologi dapat menyediakan pengetahuan yang bernilai ke dalam aktifitas seperti, interaksi tim dengan sistem komputer, sebagai contoh tim kerja desain, kelompok penulis, dan lain-lain.
- Ilmu Bahasa antara manusia dengan komputer secara definisi melibatkan penggunaan dari berbagai jenis bahasa, apakah bahasa itu merupakan ‘bahasa natural’ yaitu suatu bahasa barbasis perintah tunggal, berbasis menu, pengisian formulir, atau suatu bahasa grafis. Ilmu Bahasa adalah ilmu mengenai bahasa dan aspek seperti halnya bahasa komputasi dan bahasa teori formal menimpa formalitas ilmu komputer, dan digunakan secara luas dalam spesifikasi formal dari dialog-dialog manusia-komputer. Teori komunikasi matematis, seperti halnya Usaha (Shannon, 1948) dan ‘Prinsip Usaha Manusia Terakhir’ (Zipf, 1949), juga menjadi jembatan antara ilmu bahasa, ilmu komputer dan teknik elektronika.
- Teknik Elektronika ilmu ini menyediakan teknologi kerangka kerja untuk desain sistem manusia komputer. Karena berbicara mengenai komputer, khususnya dari sisi perangkat keras tidak terlepas dari pembicaraan mengenai Teknik Elektronika. Selain dari sisi perangkat keras, juga harus mengerti perangkat lunak berkaitan dengan sistem aplikasi yang akan dikembangkan. Bidang teknik elektronika merupakan bidang utama dalam kerangka perancangan suatu sistem interaksi mausia-komputer.
Ada beberapa manfaat dari Desain Pemodelan Grafik didalam berbagai macam bidang diantaranya yaitu:
- Budaya
Seperti yang
telah kita ketahui bahwa desain pemodelan grafik dapat digunakan dalam berbagai
macam hal. Misalnya seperti dalam hal budaya. Kita dapat melihat desain grafik
pada bidang budaya. Misalnya seperti pahatan batu pada candi-candi di Indonesia
serta desain gambar pada bati
Pada pahatan
batu yang terdapat pada candi biasanya merupakan gambar-gambar tentang
kehidupan orang - orang pada jaman tersebut. Selain itu, dibalik gambar
pahatan(relif) tersebut berkisah tentang sejarah-sejarah pada jaman terdahulu.
Sedangkan pada desain batik merupakan seni orang Indonesia dalam hal kerajinan
membatik.Pada batik tersebut terdapat berbagai macam rupa gambar . Mulai dari
gambar binatang, tanaman sampai sekarang berkembang menjadi gambar bentuk
orang, awan, relif, dan banyak gambar lainnya lagi. Jadi dapat disimpulkan
bahwa desain pemodelan grafik pada bidang budaya berguna sebagai penggambaran
sejarah dan nilai seni dalam budaya tersebut
- Pendidikan
Desain
grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek
pada siswa secara nyata dapat melalui power point ataupun software lainnya.
Dengan penggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima
semua materi yang telah diajarkan,tidak hanya teori saja tetapi sudah melihat
bentuk dan simulasinya. Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang, ruang,
grafik, gambar kerangka manusia, susunan tubuh manusia,dan sebagainya.
- Hiburan
Tidak
memungkiri pada sekarang ini semua acara hiburan di Televisi banyak menggunakan
desain grafik komputer. Mulai dari film kartun, iklan di TV dan sampai acara
sinetron sekalipun sudah di selipi oleh grafik komputer. Grafik komputer disini
berupa efek animasi yang dapat membuat film semakin menarik.
- Perancangan
Pada bidang
ini grafik komputer digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek
yang akan dibuat. Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan,
desain kendaraan dan lainnya dengan menggunakan software desain grafis seperti
auto cad semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam
perancangan yang akan dibuat. Memperkecil tingkat kesalahan sehingga akan
menhasilkan suatu model yang sama seperti aslinya.
- Teknologi
Desain
grafis, seperti disiplin ilmu lainnya, terkait dengan teknologi di berbagai
tingkatan. Teknologi mempengaruhi bagaimana desain yang diproduksi dan juga
mempengaruhi perkembangan dalam gaya, seni dan masyarakat secara keseluruhan,
yang pada gilirannya tercermin dalam bentuk desain. Teknologi juga menawarkan
desainer berbagai media untuk proyek-proyek mereka.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar