Senin, 23 Juni 2014

WEB dan MANUSIA

INTARAKSI MANUSIA DENGAN KOMPUTER
1.      DFINISI INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (IMK)
Adalah sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang bertopengkan sebuah antarmuka (interface).
A.    Perilaku Navigasi
Pada suatu situs (jual beli khususnya) penggunaan navigasi yang baik sangat penting untuk dilakukan bagi para pembuat online. Para pembuat situs website tersebut harus bisa membuat suatu navigasi agar pengunjung situs tersebut tidak bosan dengan melihatnya. Ada dua tipe navigasi. Yang pertama adalah yang standar, yang memberikan overview dan peta penjelajahan situs. Biasanya bisa ditemukan secara konsisten baik di bagian atas, samping atau footer. Yang kedua adalah navigasi versi advance. Jenis ini masih bertujuan memberikan alat untuk menelusuri situs, namun dengan cara lebih spesifik. Misal lewat kategori, pengarang, produsen, range harga, dan lain lain. Navigasi semacam ini sebenarnya mirip dengan fitur search namun sudah diberi antar muka yang lebih intuitif. Alih-alih model kotak isian teks kosong, calon pembeli diberi beberapa nilai default yang bisa dipakai lewat link yang disediakan. Lebih keren lagi, calon pembeli bisa melakukan penelusuran bertingkat, misalnya: kategori buku, di-drilldown dengan topik IT dan Marketing, di-tune lagi pada level berikutnya dengan range harga 100 ribu sampai 400 ribu, lalu difinalisasi dengan reviewed by NavinoT. Calon pembeli pun akan sampai pada apa yang benar-benar dia cari.
B.     Perilaku Pencarian
Fitur pencarian internal tentunya telah di desain dengan batasan tertentu. Ketika situs Anda tumbuh tentunya Anda akan semakin tahu pola pemakaian oleh pengguna. Termasuk di dalamnya adalah pola pencarian dalam rangka mendapatkan pengalaman terbaik dalam pemanfaatan situs. Dalam kasus seperti diatas kita ingin membandingkan 2 situs jual beli online dimana kita liat dari navigasi dan pencarian yang terdapat didalam situs web tersebut.
saya menyimpulkan bahwa adanya kekurangan & kelebihan.
Kekurangan
·         Seperti pada prinsip accesbility, penggunaan bahasa hanya untuk user yang bisa berbahasa Indonesia, sehingga bagi orang asing yang ingin mengunjungi atau melakukan transaksi sangat sulit.
·         Transaksi tidak bisa dilakukan secara online
Kelebihan
·         Penempatan terstruktur
·         Diharuskan menjadi member untuk setiap user
·         Simple & efisien
C.    Web Merefleksikan perilaku Sosial
Web dapat merefleksikan perilaku sosial masyarakat. Dengan menggunakan IP address, masyarakat mudah untuk mengakses situs – situs seperti penjualan online, media sosial yang akan mempengaruhi perilaku sosial mereka. Sebagai contoh yang sering terjadi yaitu seseorang yang sering mengakses media sosial seperti facebook.
D.    Web mempengaruhi perilaku sosial
Dampak positif :
Informasi yang ada di masyarakat dapat langsung dipublikasikan dan diterima oleh masyarakat. Sumber informasi tidak hanya berasal dari satu orang saja. Dalam masyarakat, semua orang dapat menjadi sumber informasi. Setiap orang dapat saling bertukar informasi satu sama lain. Informasi itu pun menyebar sampai kepada seluruh lapisan masyarakat dengan cepat melalui media-media TIK yang ada.
Dampak negatif :
Media sosial disalah gunakan oleh orang orang yang tidak berperikemanusiaan. contohnya, media sosial di gunakan untuk media jual beli anak.   
2.      STRUKTUR WEB DAN ANALISA WEB
Hal pertama dalam mempelajari sesuatu biasanya adalah pengenalan. Begitu juga mengenai website, sebelum mempelajarinya lebih jauh, ada baiknya kita mengetahui bagian-bagian pembentuk sebuah website. Minimalnya dengan itu kita tahu, bagian mana yang bisa kita tangani, dan mana yang harus menggunakan jasa orang lain. Atau, kita tahu bagian mana yang harus diotak-atik dalam troubleshoting.
Secara garis besar, agar dapat diakses oleh publik, sebuah website harus memiliki empat komponen utama. Jika manusia memiliki nama, tubuh, jiwa, dan rumah tempat tinggal, maka sebuah website pun memilikinya. Nama website, umumnya panduan dari domain dan TLD (Top Level Domain), dimana nama ini bersifat uniq yaitu tidak ada yang sama satupun didunia ini. Domain website ini adalah jayaweb, website ini menggunakan tld .com, jadi nama website ini adalah jayaweb.com.
Beberapa tld lainnya yaitu .net, .info, .biz, dll. Tapi ada juga nama website menggunakan subdomain (sub/anak dari domain), semisal blog.jayaweb.com Tubuh, dalam hal ini adalah struktur dan layout dasar sehingga website dapat tampil dengan baik. Struktur utama sebuah website dibentuk oleh script html, dihiasi oleh css dan gambar latar dan icon, agar dapat mengolah data maka dicerdaskan oleh php, asp, jsp atau lainnya. Dan agar terlihat lebih atraktif, interaktif dan lebih hidup, biasanya sebuah website disenjatai dengan javascript dan gambar-gambar animasi dan flash. Jika Anda enggan pelajari web programing, minimalnya Anda harus mempelajari cms agar dapat membuat website sendiri, semisal cms wordpress dan joomla. 
Jiwa, adalah fungsi dan isi/content yang berkenaan dengan fungsi website, sesuai dengan tujuan dibuatnya website itu. Macam-macam website berkenaan dengan hal ini diantaranya adalah website sebagai toko online, website sebagai blog, portal, social media, album photo, profil perusahaan, dll, yang tentunya memiliki type content yang berbeda sesuai fungsinya. Untuk web desainwebnet.com, contentnya adalah artikel tentang pembuatan website, belajar website dan info bisnis online, karena website ini saya peruntukan sebagai web yang juga berfungsi juga untuk publikasi. 
Rumah, bagi sebuah website adalah hosting untuk menempatkan file-file dan database website tersebut. Hosting disini adalah server yang terhubung ke internet, jadi sever local semisal apache di localhost bukanlah sebuah hosting dalam bahasan disini. Jadi ketika seseorang mengakses sebuah website, sebenarnya dia sedang mengakses sebuah komputer server yang terkoneksi ke internet, yang telah disediakan oleh pihak hosting untuk disewakan. 
Dan harus Anda ingat, sampai dengan saat ini era informasi masih berjaya. Jadi tidak ada salahnya kita belajar membuat dan mengelola website. Asal ada kemauan, siapapun bisa melakukannya, termasuk kita.
A.    Link Structure
Sebuah jaringan kecil dunia adalah jenis grafik matematika di mana sebagian besar node tidak tetangga satu sama lain, tetapi kebanyakan node dapat dicapai dari setiap lain oleh sejumlah kecil hop atau langkah-langkah. Secara khusus, jaringan-dunia kecil didefinisikan sebagai jaringan di mana L jarak khas antara dua node yang dipilih secara acak (jumlah langkah yang diperlukan) tumbuh secara proporsional dengan logaritma dari jumlah node N dalam jaringan, yaitu:  
B.     Jejaring Sosial
Social Networking adalah sebutan lain terhadap website community. Social Networking adalah tempat untuk para netter berkolaborasi dengan netter lainnya. Bentuk kolaborasi antara lain adalah saling bertukar pendapat/komentar, mencari teman, saling mengirim email, saling memberi penilaian, saling bertukar file dan yang lainnya. Intinya dari situs social networking adalah interaktifitas. Contoh dari social networking yang sering digunakan: Facebook, Friendster, MySpace, Twitter.
C.    Blog
Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog.
D.    Small – World Network

Small World Network adalah sebuah tipe grafik matematikal yang dari banyaknya simpul , namun tidak berhubungan dengan simpul yang lainnya (berbeda) , tetapi banyak nya simpul bisa menjangkau setiap simpul kecil lainnya. Khususnya, small-world network didefinisikan sebagai jaringan di mana L jarak antara dua node yang dipilih secara acak (jumlah langkah yang diperlukan) tumbuh secara proporsional dengan logaritma dari jumlah node N dalam jaringan, yaitu:

Dalam konteks jaringan sosial, hasil dalam fenomena small world netwok untuk orang asing (orang tak dikenal) yang dihubungkan dengan cara berinteraksi. Banyak grafik empiris dengan baik dimodelkan oleh jaringan-dunia kecil. Jaringan sosial, konektivitas internet, wiki seperti Wikipedia, dan jaringan gen semua karakteristik small world network.

3.      WEB ANALIS
Web adalah pengukuranpengumpulananalisis dan pelaporan data internetuntuk tujuan memahami dan mengoptimalkan penggunaan web.Web analytics bukan hanya alat untuk mengukur lalu lintas situs Web tetapi dapat digunakan  sebagai  alat  untuk penelitian bisnis dan riset pasarWeb analytics aplikasijuga dapat membantu perusahaan mengukur hasil kampanye iklan cetak tradisional. Ini membantu seseorang untuk memperkirakan bagaimana lalu lintas ke situs web berubah  setelah  peluncuran kampanye  iklan baruAnalisis Web menyediakan data tentang jumlah  pengunjung,  tampilan halamandll untuk mengukur lalu lintas  dan  trenpopularitas  yang  membantu melakukan riset pasar.
Ada dua kategori analisis Weboff analisis-situs dan web-site. Off-situs web analytics web mengacu pada pengukuran dan analisis  terlepas dari apakah Anda memiliki atau mempertahankan sebuah websiteIni mencakup pengukuran potensi  pemirsa website (peluang), berbagi suara (visibilitas), dan buzz(komentar) yang terjadi di internet secara keseluruhan. On-situs web analytics  mengukur perjalanan  pengunjung  sekali pada website AndaIni termasuk driver dan konversi, misalnya,  halaman arahan yang mendorong orang untuk melakukan pembelian. Pada analisis  web- site mengukur kinerja website Anda dalamkonteks komersialData  ini  biasanya dibandingkan terhadap indikator kinerja utamauntuk kinerjadan digunakan untuk memperbaiki situs web atau tanggapan penontonpemasaran kampanye.
Secara historisanalisis web telah disebut pengukuran pengunjung di tempat. Namun dalam beberapa tahun terakhir ini telah kaburterutama karena vendor yang memproduksi peralatan yang menjangkau kedua kategori. Sisa kekhawatiran  ini  artikel tentang analisis web-site.
A.    PENGUKURAN WEB
Apa Saja Tools Analisis Web ?
Dibawah ini, ada 8 Tool Analisa Web yang dapat membantu anda untuk analisis website dengan memberikan informasi detail dari segi “accessibility” dan desain. Semua tool online dibawah ini, gratis dan sangat mudah untuk digunakan :
a.      Color Blindness Simulator
Colour Blindness Simulator, dapat membantu anda untuk memeriksa bagaimana aspek gambar dan pewarnaan (color) dari website/blog. Anda juga dapat dengan cepat upload file gambar (JPEG) dengan resolusi 1000x1000px  dan analisa aspek pewarnaan halaman website anda.
b.      Juicy Studios Image Analyzer
Dengan tool online ini, kita dapat menganalisa masalah setiap gambar yang ada pada halaman website. Tool ini juga, dapat menginformasikan detail informasi width, height, alt, dan longdesc, makanya tool website - Image Analyzer merupakan salah satu tool analisa website terbaik.
c.       Firefox Accessibility Extension
Jika anda termasuk pengguna web browser Firefox, maka Add-ons Friefox ini sangat penting karena dengan Add-ons ini, anda dapat aktifkan setiap element desain dari halaman website. Anda dapat dengan cepat buat daftar gambar dan element yang lain. Add-ons ini juga disertakan dengan standar validasi “W3C HTML Validator” .
d.      Test and Improve Readability
Tool Online gratis dengan fitur untuk testing dan meningkatkan konten website anda.
e.       LinkPatch
“Broken link”  membuat halaman webstie.blog dan yang lain menjadi tidak dapat diakses, hal ini adalah yang terpenting selain faktor SEO, tapi dengan tool seperti LinkPatch, untuk cek “broken link” dari semua URL yang anda inginkan. Dengan LinkPatch, anda dapat install kode tracking  dalam hitungan detik dengan fitur monitoring.
f.       WAVE
WAVE merupakan tool interaktif yang menunjukkan tingkat kunjungan dari website dengan 3 cara yang berbeda: “Errors, Features, and Alerts”, “Structure/Order”, dan Text-Only”.
g.      AccessColor
Tes AccessColor kontras warna dan “color brightness” antara bagian depan dan belakang dari semua element DOM. AccessColor akan menemukan kombinasi warna yang relevan dengan dokumen HTML dan CSS.
h.      aDesigner
aDesigner adalah simulator yang membantu desainer untuk memastikan konten dan aplikasinya diakses. aDesigner juga membantu user untuk cek aksesbility dokumen ODF dan Flash.
B.     SEARCH ENGINE
Adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basisdata ataupun direktori web.
Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan basisdata tertutup, di antaranya yang paling populer adalah Google (MSN Search dan Yahoo!). Telah ada beberapa upaya menciptakan mesin pencari dengan sumber terbuka (open source), contohnya adalah Htdig, Nutch, Egothor dan OpenFTS

CONTOH-CONTOH SE :
a.      GOOGLE
google muncul pada akhir tahun 1997, dimana google memasuki pasar yang telah diisi oleh para pesaing lain dalam penyediaan layanan mesin pencari, seperti Yahoo, Altavista , HotBot, Excite, InfoSeek dan Lycos. dimana perusahaan-perusahaan tersebut mengklaim sebagain perusahaan tabg bergerak dalam bidang layanan pencarian internert. Hingga akhirnya Google mampu menjadi sebagai penyedia mesin pencari yang cukup diperhitungkan didunia.
b.      Yahoo
Yahoo raja directori di internet disamping para pengguna internet melihat DMOZ serta LookSma berusaha menurunkan nya diposisi puncak tersebut. akhir-akhir ini telah tumbuh secara cepat dalam ukurannya mereka pun sudah memliki harga sehingga mudah untuk memasukinya, dengan demikian mendapatkan sebuah daftar pada direktori yahoo memang memiliki nilai yang tinggi.
PERBEDAAN SEARCH ENGINE
a.      Yahoo! dan bing : On page keyword merupakan faktor yang paling penting .
b.      Google : linklah yang merupakan faktor yang sangat penting. halaman website google seperti wine semakin tua umurnya semakin bagus peringkatnya. Google akan secara otomatis melakukan pencarian dengan logika boolean dengan menggunakan batasan-batasan AND, NOT, PHRASE, dan OR. google tidak mendukung pemotongan, penambahan dan tidak membedakan bentuk huruf besar atau kecil. kelebihan google menggunakan relavansi dan linking, yaity jumlah tertentu halaman-halaman sejenis yang berhubungan dengan halamab yang dicari. Google juga menyediakan file-file berekstensi PDF yang jarang dihasilkan oleh alat-alat pencari lainnya.
c.       Yahoo : untuk yahoo tidak mementingkan layaknya seperti google. yahoo tidak menggunakan robot dalam membuat direktori informasi, web ini bergantung pada jumlah website yang didaftakan di direktori mereka. Sekalipun demikian yahoo sangat selektif dalam menerima situs-situs yang didaftarkan. karena yahoo tidak mempunyai jangkauan yang luas, maka web ini menyediakan mesin pencari milik google sebagai pelengkap.
d.      google dan Altavista :
   1. Loading altavista lebih lama daripada google.
   2. Tampilan altavista kurang menarik
   3. Altavista lebih sulit dalam pengambilan data dibanding google.  
e.       Alltheweb : metode pencarian dalam web ini menggunakan logika boolean. kita dapat membatasi pencarian hanya pada judul, teks, nama link, URL, link, bahasa, dan domain. Ranking pencarian didasarkan pada relavansi, analisa link, penempatan teks pada halaman tertentu, danpenggunaan kata kunci.
C.    CRAWLER
Proses pengambilan sejumlah besar halaman web dengan cepat kedalam satu tempat penyimpanan lokal dan mengindexnya berdasarkan sejumlah kata kunci. yakni sebuah komponen utama dalam sebuah Search Engine (Mesin Pencari), sebagai Aplikasi Information Retrieval Modern
CARA KERJA :
suatu data dikumpulkan oleh web crawler kemudian digunakan oleh mesin pencari untuk memberikan link situs yang relavan bagi pengguna ketika mereka melakukan pencarian. web crawler menangkap banyak hal yang berbeda ketika mereka memindai situs. Informasi diperoleh dari metatag, konten itu sendiri dan link. untuk mendapatkan ide yang baik dari apa situs adalah tentang. Crawler digunakan sebagai scan situs anda. jika ada bagian-bagian tertentu dari situs yang seharusnya tidak diindeks, mereka harus mencatat dalam file ini. setelah mendapat instruksi crawler dari file ini, akan mulai dengan merangkak halaman situs anda. Ini kemudian akan melanjutkan ke indeks konten, dan kemudian akhirnya akan mengunjungi link di situs Anda. Jika crawler mengikuti link dan tidak menemukan halaman, maka akan dihapus dari indeks. Informasi yang dikumpulkan dari situs Anda kemudian disimpan dalam database, yang kemudian digunakan oleh mesin pencari.
BEBERAPA CONTOH WEB CRAWLER :
a.      Teleport Pro
Salah satu software web crawler untuk keperluan offline browsing. Software ini sudah cukup lama popular, terutama pada saat koneksi internet tidak semudah dan secepat sekarang. Software ini berbayar dan beralamatkan di http://www.tenmax.com.
b.      HTTrack
Ditulis dengan menggunakan C, seperti juga Teleport Pro, HTTrack merupakan software yang dapat mendownload konten website menjadi sebuah mirror pada harddisk anda, agar dapat dilihat secara offline. Yang menarik software ini free dan dapat di download pada website resminya di http://www.httrack.com
c.       Googlebot
Merupakan web crawler untuk membangun index pencarian yang digunakan oleh search engine Google. Kalau website anda ditemukan orang melalui Google, bisa jadi itu merupakan jasa dari Googlebot. Walau konsekuensinya, sebagian bandwidth anda akan tersita karena proses crawling ini.
d.      Yahoo!Slurp
Kalau Googlebot adalah web crawler andalan Google, maka search engine Yahoo mengandalkan Yahoo!Slurp. Teknologinya dikembangkan oleh  Inktomi  Corporation yang diakuisisi oleh Yahoo!
e.       YaCy
Sedikit berbeda dengan web crawler  lainnya di atas, YaCy dibangun atas prinsip jaringan P2P (peer-to-peer), di develop dengan menggunakan java, dan didistribusikan pada beberapa ratus mesin computer (disebut YaCy peers). Tiap-tiap peer di share dengan prinsip P2P untuk berbagi index, sehingga tidak memerlukan server central. Contoh search engine yang menggunakan YaCy ialah Sciencenet, untuk pencarian dokumen di bidang sains.
D.    WEB ARCHIVING
adalah proses mengumpulkan bagian dari WWW dan memastikan koleksi tersebut diawetkan dalam suatu arsip, misalnya situs arsip, untuk diakses peneliti, sejarawan, dan masyarakat umum pada masa datang. Besarnya ukuran Web membuat arsiparis web umumnya menggunakan web crawlers untuk pengumpulan secara otomatis. Organisasi pengarsip web terbesar yang menggunakan ancangan perangkak web ini adalah Internet Archive yang berupaya memelihara arsip dari seluruh Web. Perpustakaan nasional, arsip nasional, dan berbagai konsorsium organisasi lain juga terlibat dalam upaya pengarsipan konten Web yang memiliki nilai penting bagi mereka. Perangkat lunak dan layanan komersial juga tersedia bagi organisasi yang ingin mengarsipkan konten web mereka sendiri untuk berbagai keperluan.

CARA KERJA WEB ARCHIVING
a.       Remote Harvesting
Merupakan cara yang plaing umum dalam web archiving dengan menggunkana teknik web crawlers yang secara otomatis melakukan proses pengumpulan halaman web. Metode yang digunakan web crawler untuk mengakses halaman web  sama semeprti user mengakses halaman web menggunakan wob browser.  Contoh web crawler yang digunakan dalam web archiving seperti :
·         Heritrix
·         HTTrack
·         Wget

b.      On-Demand
Ada banyak layanan yang dapat digunakan sebagai sumber archive web "on-demand", menggunakan teknik web crawling. Contohnya seperti
·         Aleph Archives
·         archive.is
·         Archive-It
·         Archivethe.net
·         Compliance WatchDog by SiteQuest Technologies
·         freezePAGE snapshots
·         Hanzo Archives
·         Iterasi
·         Nextpoint
·         Patrina
·         PageFreezer
·         Reed Archives
·         Smarsh Web Archiving
·         The Web Archiving Service
·         webEchoFS
·         WebCite
·         Website-Archive.com

c.       Database archiving
Databasa Archiving mengacu pada metode untuk menarsipkan konten database-driven websites.  Hal ini biasanya memerlukan ekstraksi konten database ke standard schema, sering menggunakan XML. Setelah disimpan dalam format standar, konten yang diarsipkan dari beberapa databse dapat tersedia untuk diakses dengan menggunakan single access system. Motode ini digunkanan seprti pada DeepArc dan  Xinq masiing masing dikembangkan oleh Bibliothèque nationale de France dan  National Library of Australia.
d.      Transactional archiving
Transactional archiving merupakan event-driven yang mengumpulkan  transaksi  yang berlangsung antara web server dan web browser.  Hal ini terutama digunakan untuk menjamin keaslian dari isi suatu website, pada tanggal tertentu. Hal ini sangatlah penting untuk organisasi atau perusahaan yang perlu mematuhi persyaratan hukum atau peraturan untuk mengungkapkan dan mempertahankan informasi.
Sistem yang digunakan pada transactional archiving biasanya beroperasi dengan memeriksa  setiap permintaan HTTP dan respon dari web server, menyaring setiap aktifitas untuk menghilangkan konten yang duklikat dan secara permanen disimpan sebagai bitstreams. Sebuah sistem transactional archiving membutuhkan instalasi perangkat lunak pada web server, dan karena hal itu maka metode ini tidka dapat mengumpulkan konten dari remote website.
4.      Ekonomi Web
A.    Iklan
Iklan merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan barangan, perkhidmatan, peluang pekerjaan, inspirasi dan maklumat kepada yang ingin disampaikan. Walaupun periklanan bukan saluran media massa tetapi sejarah dan perkembanganya berkait rapat dengan sejarah dan perkembangan media massa. Revolusi percetakan dan penciptaan alat cetak oleh Johannes Gutenberg pada 1440 merupakan peristiwa paling penting dalam permulaan kegiatan periklanan di dunia.

Karakteristik Lingkungan Periklanan:
a.       kekuatan lingkungan selalu berubah
b.      perubahan lingkungan menciptakan ketidakpastian, ancaman, peluang (dalam dinamika periklanan)
c.       tanggapan terhadap perubahan lingkungan:
1.      reaktif apabila tdk dpt mengendalikan elemen-2 lingkungan, caranya selalu menyesuaikan diri dengan perkembangan yang ada.
2.      proaktif apabila memiliki sejumlah kendali dan resources, caranya dgn mengambil langkah-2 utk melakukan perubahan yg menghasilkan lingkungan yg lebih kondusif.
Iklan Terhadap Pengaruh Ekonomi:
a.       Iklan sebagai transaksi atau peristiwa ekonomi yang mampu mempengaruhi kehidupan ekonomi masyarakat.
·         Iklan sebagai kegiatan jual beli (untuk menyampaikan pesan, pengiklan harus membayar media yang dipilih).
·         Memberi keuntungan kepada agen iklan.
·         Membuka lapangan kerja.
·         Iklan menjaadi salah satu bidang bisnis yang menjanjikan.
·         Industri periklanan menjadi salah satu pilihan kerja yang menjanjikan.
·         Seiring dicanangkannya industri kreatif, iklan menjadi salah satu profesi bergengsi.
·         Saat krisis ekonomi 1998, industri periklanan merupakan satu-satunya industri yang cepat keluar dari keterpurukan.
b.      Dampak (Cakram, Juni 2000). Artinya kalangan industri masih memberikan kepercayaan melakukan promosi .
·         pesan yang ditimbulkan.
·         Meningkatkan pemasaran produk.
B.     Pencarian
Metode Pencarian dan Pelacakan:
Hal penting dalam menentukan keberhasilan sistem cerdas adalah kesuksesan dalam pencarian. Pencarian adalah suatu proses mencari solusi dari suatu permasalahan melalui sekumpulan kemungkinan ruang keadaan(state space). Ruang keadaan adalah suatu ruang yang berisi semua keadaan yang mungkin. Untuk mengukur perfomansi metode pencarian, terdapat empat kriteria yang dapat digunakan :
·         Completeness : apakah metode tersebut menjamin penemuan solusi jika solusinya memang ada?
·         Time complexity : berapa lama waktu yang diperlukan?
·         Space complexity : berapa banyak memori yang diperlukan
·         Optimality : apakah metode tersebut menjamin menemukan solusi yang terbaik jika terdapat beberapa solusi berbeda?
Dua teknik pencarian dan pelacakan:
a.       Pencarian buta (blind search)
Pencarian melebar pertama (Breadth – First Search)
Pencarian mendalam pertama (Depth – First Search)
b.      Pencarian terbimbing (heuristic search)
Pendakian Bukit (Hill Climbing)
Pencarian Terbaik Pertama (Best First Search)
Pencarian Melebar Pertama (Breadth-First Search)
Semua node pada level n akan dikunjungi terlebih dahulu sebelum level n+1. Mulai dari akar terus ke level 1 dari kiri ke kanan. Kemudian ke level selanjutnya hingga solusi ditemukan.
Keuntungan :
a.       Tidak akan menemui jalan buntu
b.      Menjamin ditemukannya solusi (jika solusinya memang ada) dan solusi yang ditemukan pasti yang paling baik
c.       Jika ada satu solusi maka bread-first search akan menemukannya
Kelemahannya
a.       Membutuhkan memori yang cukup banyak
b.      Membutuhkan waktu yang cukup lama
C.    Auctioning
Lelang online merupakan Suatu lelang/tawar menawar yang dilakukan secara online. Di lelang online ini sendri terdapat keuntungan dan kelemahannya. Inilah beberapa keuntungan dan kelemahan dari lelang online :
·         Keuntungan dari lelang online
a.       Tidak terbatas oleh waktu dan tempat
b.      Jumlah penawar dan penjual yang besar
c.       Jaringan Ekonomi
·         Kelemahan dari lelang online
a.       Sering terjadi kegagalan proses up load penawaran pada paket lelang,
b.      Penawaran tidak sesuai syarat (underpriced bid) yang masih sering terakomodir,
c.       Penanggung-jawab dari system online tidak jelas dan
d.      Security system terkait kerahasiaan data penawaran juga tidak jelas.
Selain keuntungan dan kelemahan lelang online, lelang online juga memiliki proses segmentasi yaitu :
a.       E-Auction Web Site penyediaan website auction untuk pelanggan e-auction
b.      Spider Program adalah program pencarian yang lebih memuaskan. Spider mulai pada situs yang popular pada halaman awal kemudian bergerak ke halaman lain mengikuti hyperlink. Spider akan mengirimkan informasi tentang judul dan kepala suatu halaman (kop) web.
c.       Customer Profiles adalah data pelanggan e-auction
d.      Customer Segmentation yang dimaksud adalah Pelanggan e-Auction yaitu perusahaan-perusahaan yang berminat untuk mereduksi biaya proses pengadaan barang dan jasanya dalam e-auction
e.       Customer Behavior Model sebuah model konsumen yang menyangkut tentang bagaimana mengapa,kapan dan dimana orang tersebut mau membeli atau tidak produk tersebut.
Setelah itu ada pula factor factor dalam proses pengambilan keputusan, factor factor tersebut meliputi sebagai berikut :
a.       Technology berhubungan dengan it yang mendukung proses e-auction
b.      Logistics menyangkut masalah pembayaran, pengantaran barang
c.       Decision Making apakah orang tersebut mau membeli atau tidak barang tersebut
d.      Environmental Characteristics menyangkut masalah lingkungan tempat orang tersebut tinggal
e.       Personal Characteristics menyangkut identitas atau profil calon pembeli
f.       Stimuli berhubungan dengan masalah harga, promosi, produk, dan kualitas barang
Dan yang terakhir di lelang online ada yang dinamakan 6 langkah penyelesaian misi, 6 langkah penyelesain misi tersebut adalah :
a.       Pertama, semua data transaksi konsumen harus diambil dari sebuah situs web e-lelang.
b.      Langkah kedua adalah untuk memilih variabel yang signifikan sebagai data input dari algoritma segmentasi pelanggan yang diusulkan. Sebelum analisis data data mentah harus dinormalisasi ke dalam variabel yang antara nol dan satu dan dapat dianalisis dengan jaring saraf, maka
c.       Langkah ketiga adalah untuk mengkonversi data ke dalam format yang normal.
d.      Langkah keempat adalah menerapkan model jaringan saraf untuk data cluster ke dalam beberapa kelompok yang homogen.
e.       Langkah kelima adalah ting menafsirkan data-data pelanggan dikelompokkan dalam beberapa kelompok.
Dari bahasan di atas sudah dijelaskan secara rinci mengenai analisa web dan ekonomi web. Semoga bahasan di atas dapat membantu para pembaca untuk dapat memahami lebih lagi mengenai web science. Sekian artikel dari kelompok kami. Terima kasih...

SUMBER :
http://fadhlanahdianpratama.blogspot.com/2013/06/interaksi-manusia-dengan-komputer-imk.html
http://irvanniz.blogspot.com/2014/06/web-science-4-analisis-web-ekonomi-web.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar