ISD dan IPS
1. Pengertian
Untuk menjawab berbagai tantangan
dan persoalan dalam kehidupan lahirlah berbagai cabang ilmu pengetahuan.
Berdasarkan sumber filsafat yang
dianggap sebagai ibu dari ilmu pengetahuan, maka ilmu pengetahuan dapat
dikelompokan menjadi tiga:
a) Natural
Sciences (Ilmu-ilmu Alamiah), meliputi: Fisika, Kimia, Biologi dan lain-lain
b) Sosial Sciences (Ilmu-ilmu Sosial), meliputi: Sosiologi, Ekonomi, Sejarah dan lain-lain
c) Humannities (Ilmu-ilmu Budaya), meliputi: Bahasa, Agama, Kesenian dan lain-lain
b) Sosial Sciences (Ilmu-ilmu Sosial), meliputi: Sosiologi, Ekonomi, Sejarah dan lain-lain
c) Humannities (Ilmu-ilmu Budaya), meliputi: Bahasa, Agama, Kesenian dan lain-lain
Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan
yang menelaah masalah-masalah sosial, seperti : Sejarah, Ekonomi, Geografi
Sosial, Sosiologi, Antropologi, Psykologi sosial.
Mata kuliah Ilmu Sosial Dasar diberikan dalam rangka usaha untuk memberika pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkaji gejala-gejala sosial agar daya tangkap, persepsi, dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya dapat ditingkatkan.
Mata kuliah Ilmu Sosial Dasar diberikan dalam rangka usaha untuk memberika pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkaji gejala-gejala sosial agar daya tangkap, persepsi, dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya dapat ditingkatkan.
2. Tujuan
Sebagai salah satu dari Mata Kuliah Dasar Umum, Ilmu Sosial Dasar mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa agar:
Sebagai salah satu dari Mata Kuliah Dasar Umum, Ilmu Sosial Dasar mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa agar:
a) Memahami dan
menyadari adanya kenyataan-kenyataan dan masalah-masalah sosial yang ada dalam
masyarakat.
b) Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha usaha menanggulanginya.
c) Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mempelajarinya secara kritis-interdisipliner.
d) Memahami jalan pikiran para ahli dalam bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
b) Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha usaha menanggulanginya.
c) Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mempelajarinya secara kritis-interdisipliner.
d) Memahami jalan pikiran para ahli dalam bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
3. Ilmu Sosial
Dasar Dan Ilmu Pengetahuan Sosial
Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Pengtahuan Sosial (IPS) kedua-duanya mempunyai persamaan dan perbedaan.
Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Pengtahuan Sosial (IPS) kedua-duanya mempunyai persamaan dan perbedaan.
Adapun persamaan antara keduanya
adalah :
a) Keduanya merupakan bahan studi untuk kepentingan progran pendidikan
b) Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
c) Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan dan masalah sosial.
a) Keduanya merupakan bahan studi untuk kepentingan progran pendidikan
b) Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
c) Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan dan masalah sosial.
Adapun perbedaan antara keduanya
adalah :
a) Ilmu Sosial Dasar diberikan diperguruan tinggi, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.
b) Ilmu Sosial Dasar merupakan Satu mata kuliah tunggal, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran.
c) Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, Sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.
4. Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar
a) Ilmu Sosial Dasar diberikan diperguruan tinggi, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.
b) Ilmu Sosial Dasar merupakan Satu mata kuliah tunggal, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran.
c) Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, Sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.
4. Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar
Masalah-masalah sosial yang timbul
dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial
yang antara satu dengan yang lainnya saling berkaitan.
Konsor antar bidang telah menetapkan bahwa perkuliahan Ilmu Sosial Dasar terdiri dari 8 (delapan) pokok bahasan. Dari kedelapan pokok bahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar Diharapkan mempelajari dan memahami adanya :
Konsor antar bidang telah menetapkan bahwa perkuliahan Ilmu Sosial Dasar terdiri dari 8 (delapan) pokok bahasan. Dari kedelapan pokok bahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar Diharapkan mempelajari dan memahami adanya :
1) Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
2) Masalah individu, Keluarga dan Masyarakat.
3) Masalah pemuda dan Sosialisasi
4) Masalah hubungan antara Warga Negara dan Negara.
5) Masalan pelampiasan sosial.
6) Masalah Masyarakat.
7) Masalah pertentengan-pertentangan sosial dan integrasi.
8) Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.
Sumber : CD Gunadarma dan http://trimuktiw.blogspot.com/2012/10/pengertian-tujuan-isd-dan-ips.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar