Kamis, 29 Januari 2015

TUGAS Softskill




NAMA            : DEDE SYAFRIZAL
KELAS           : 3IA25
NPM               : 51412782
TUGAS           : 4
Pada tugas kali ini saya akan membuat sebuah animasi yang bercerita seorang mahasiswa yang datang terlambat kedalam kelas, dan ternyata dia salah masuk kelas karean kelas yang dia masuki adalah kelas yang kosong.
Pertama saya akan membuka aplikasi blender.


Untuk awalnya pada aplikasi blender kita akan di berikan 1 buah objek yaitu sebuah kubus.

Langkah pertama adalah membuat objek Mahasiswa adalah membuat karakternya terlebih dahulu. Pertama bagi tampilan blender menjadi dua dengan cara menarik garis pada pojok kanan atas (diatas tanda +) ke arah kiri.Kemudian mengatur view front ortho dengan menekan  1 kemudian 5 pada numpad untuk objek yang kiri dan view right ortho dengan menekan 3 kemudian 5 pada numpad untuk objek kanan.




Kemudian kita bentuk badan objek mahasiswanya sesuai dengan gambar.

Langkah selanjutnya adalah membuat tangan,untuk membuatnya saya menseleksi 1 face yang berada disebelah kanan kemudian menekan E lalu G dan mengarahkan kursor ke bagian tangan seperti pada gambar. Jika dirasa terlalu lebar maka menekan R untuk memutar kemudian S untuk mengatur skalanya. Kemudian menambahkan segmen baru dengan menekan CTRL+R lalu klik diarea yang akan dibuat segmen baru kemudian menekan B lalu G dan menggeser vertex sesuai gambar.

Kemudian membuat kaki,caranya sama dengan membuat tangan yaitu menseleksi face dibagian bawah dengan cara menekan shift lalu klik kanan. Selanjutnya menekan E untuk extrude dan G untuk menentukan arah extrude. Agar bagian bawah rata maka menekan S kemudian Z dan angka 0.

Selanjutnya membuat bentuk kaki sesuai dengan background dengan menggeser vertex-vertex yang telah terbentuk.dengan cara blok vertexnya dengan menekan B kemudian menekan G lalu menggesernya.Saat mengatur view bagian depan,view bagian samping juga harus diperhatikan,sehingga objek yang dibuat proporsional.
 


Kemudian membuat kepala dengan cara menseleksi face bagian atas kemudian diextrude dengan menekan E lalu  menekan Z untuk menggextrude terhadap sumbu z. Selanjutnya adalah menggeser vertex dengan menekan B terlebih dahulu untuk memblok vertex kemudian menekan G untuk menggeser vertexnya sehingga terbentuk kepala
  

Langkah selanjutnya adalah mewarnai objek, dan kemudian memberikan warna lain sebagai bajunya. Disini saya akan member warna kuning kecoklatan untuk warna dasar,yaitu warna kulit. Caranya dengan memilih objek secara keseluruhan kemudian memilih material pada tools sebelah kanan,klik add modifier,pada diffuse pilih warna dengan menggeser kursor untuk mendapatkan warna yang pas. cara pewarnaan bajunya sama seperti pewarnaan kulitnya.

kemudian saya akan rigging objek mahasiswa ini, dan setelah itu saya akan membuat pose-pose mahasiswa dalam animasinya

Langkah pertama adalah menambahkan tulang,karena objek yang saya buat adalah manusia,maka agar lebih mudah saya tidak menggunakan single bone,caranya dengan memilih flie>>user preferences lalu pilih addons dan ceklis rigify. 

Kemudian pada objek mode menekan shift+A dan pilih armature >> human(meta-rig) maka akan muncul tulang manusia.Setelah itu tekan S untuk memperbesar ukuran tulang,lalu letakkan didalam objek manusia yang telah dibuat. Pada armature ceklist x-ray agar objek terlihat transaparan.Kemudian geser tulang-tulang sesuai dengan objek yang dibuat.Agar tulang sebelah kiri ikut tergeser saat tulang sebelah kanan digeser maka pada edit mode ceklist x-axis mirror pada pojok kanan pada options.

Selanjutnya apabila tulang-tulang telah sesuai dengan objek maka pada objek mode tekan shift lalu klik kanan pada objek kemudian klik kanan pada tulang,lalu tekan ctrl+P dan pilih ‘with automatic weights’.Langkah ini digunakan untuk menyatukan tulang dan objek agar saat tulang digerakkan,objek juga bergerak.


Langkah terakhir adalah mengecek apakah tulang sudah dapat menggerakkan objek.Caranya dengan pindah ke pose mode kemudian klik kanan pada salah satu tulang,tekan R untuk menggerakkan tulang.Jika tulang yang digerakkan berdampak pada objek yang juga bergerak,maka proses rigging berhasil dan kita dapat menggerakkan objek sesuai keinginan.

Jika semua sudah selesai, kita buat object manusia ini menjadi smooth, dengan cara mengklik tools smooth. Lalu kita buat alasnya sebagai lantai dengan meng-add objek plane, kemudian kita berikan warna pada lantainya agar lanatainya terlihat nyata. Dan saya juga menambahkan bangku untuk tempat duduk objek mahasiswa saya ini.

Kemudian untuk membuat animasinya saya akan menjelaskan sedikit, awalnya kita buat posisi awalnya lalu kita ubah posisi objek kedalam pososisi kedua kemuidan kita tekan i lalu pilih locrot untuk mengkunci posisi, tidak lupa kitamemindahkan kursor waktu yang berada dibawah jendela dan menentukan waktu pergerakan objeknya.


Berikut ini adalah bebrapa cuplikan animasi yan sudah saya buat.

Ini pada saat mahasiswa datang kekelas dan ingin duduk.


Posisi pada saat Dia duduk.




Posisi pada saat dia keluar kelas.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar