NAMA : DEDE SYAFRIZAL
KELAS
: 3IA25
NPM : 51412782
TUGAS : 4
Pada tugas kali ini saya akan membuat sebuah animasi yang
bercerita seorang mahasiswa yang datang terlambat kedalam kelas, dan ternyata
dia salah masuk kelas karean kelas yang dia masuki adalah kelas yang kosong.
Pertama
saya akan membuka aplikasi blender.
Untuk awalnya pada aplikasi blender kita akan di berikan
1 buah objek yaitu sebuah kubus.
Langkah
pertama adalah membuat objek Mahasiswa
adalah membuat karakternya terlebih dahulu. Pertama bagi tampilan
blender menjadi dua dengan cara menarik garis pada pojok kanan atas (diatas
tanda +) ke arah kiri.Kemudian mengatur view front ortho dengan menekan 1 kemudian 5 pada numpad untuk objek yang
kiri dan view right ortho dengan menekan 3 kemudian 5 pada numpad untuk objek
kanan.
Kemudian kita bentuk badan objek mahasiswanya sesuai
dengan gambar.
Langkah
selanjutnya adalah membuat tangan,untuk membuatnya saya menseleksi 1 face yang
berada disebelah kanan kemudian menekan E lalu G dan mengarahkan kursor ke
bagian tangan seperti pada gambar. Jika dirasa terlalu lebar maka menekan R
untuk memutar kemudian S untuk mengatur skalanya. Kemudian menambahkan segmen
baru dengan menekan CTRL+R lalu klik diarea yang akan dibuat segmen baru kemudian
menekan B lalu G dan menggeser vertex sesuai gambar.
Kemudian
membuat kaki,caranya sama dengan membuat tangan yaitu menseleksi face dibagian
bawah dengan cara menekan shift lalu klik kanan. Selanjutnya menekan E untuk
extrude dan G untuk menentukan arah extrude. Agar bagian bawah rata maka
menekan S kemudian Z dan angka 0.
Selanjutnya
membuat bentuk kaki sesuai dengan background dengan menggeser vertex-vertex
yang telah terbentuk.dengan cara blok vertexnya dengan menekan B kemudian menekan
G lalu menggesernya.Saat mengatur view bagian depan,view bagian samping juga
harus diperhatikan,sehingga objek yang dibuat proporsional.
Kemudian
membuat kepala dengan cara menseleksi face bagian atas kemudian diextrude
dengan menekan E lalu menekan Z untuk
menggextrude terhadap sumbu z. Selanjutnya adalah menggeser vertex dengan
menekan B terlebih dahulu untuk memblok vertex kemudian menekan G untuk menggeser vertexnya
sehingga terbentuk kepala
Langkah selanjutnya adalah mewarnai objek, dan kemudian memberikan warna lain sebagai bajunya. Disini saya akan member warna kuning kecoklatan
untuk warna dasar,yaitu warna kulit. Caranya dengan memilih objek secara
keseluruhan kemudian memilih material pada tools sebelah kanan,klik add
modifier,pada diffuse pilih warna dengan menggeser kursor untuk mendapatkan
warna yang pas. cara pewarnaan bajunya sama seperti pewarnaan kulitnya.
kemudian saya akan rigging objek mahasiswa ini, dan setelah itu saya akan membuat pose-pose mahasiswa dalam animasinya
Langkah
pertama adalah menambahkan tulang,karena objek yang saya buat adalah
manusia,maka agar lebih mudah saya tidak menggunakan single bone,caranya dengan
memilih flie>>user preferences lalu pilih addons dan ceklis rigify.
Kemudian
pada objek mode menekan shift+A dan pilih armature >> human(meta-rig)
maka akan muncul tulang manusia.Setelah itu tekan S untuk memperbesar ukuran tulang,lalu
letakkan didalam objek manusia yang telah dibuat. Pada armature ceklist x-ray
agar objek terlihat transaparan.Kemudian geser tulang-tulang sesuai dengan
objek yang dibuat.Agar tulang sebelah kiri ikut tergeser saat tulang sebelah
kanan digeser maka pada edit mode ceklist x-axis mirror pada pojok kanan pada
options.
Selanjutnya
apabila tulang-tulang telah sesuai dengan objek maka pada objek mode tekan
shift lalu klik kanan pada objek kemudian klik kanan pada tulang,lalu tekan ctrl+P
dan pilih ‘with automatic weights’.Langkah ini digunakan untuk menyatukan
tulang dan objek agar saat tulang digerakkan,objek juga bergerak.
Langkah
terakhir adalah mengecek apakah tulang sudah dapat menggerakkan objek.Caranya
dengan pindah ke pose mode kemudian klik kanan pada salah satu tulang,tekan R
untuk menggerakkan tulang.Jika tulang yang digerakkan berdampak pada objek yang
juga bergerak,maka proses rigging berhasil dan kita dapat menggerakkan objek
sesuai keinginan.
Jika semua sudah selesai, kita buat object manusia ini
menjadi smooth, dengan cara mengklik tools smooth. Lalu kita buat alasnya
sebagai lantai dengan meng-add objek plane, kemudian kita berikan warna pada
lantainya agar lanatainya terlihat nyata. Dan saya juga menambahkan bangku
untuk tempat duduk objek mahasiswa saya ini.
Kemudian
untuk membuat animasinya saya akan menjelaskan sedikit, awalnya kita buat
posisi awalnya lalu kita ubah posisi objek kedalam pososisi kedua kemuidan kita
tekan i lalu pilih locrot untuk mengkunci posisi, tidak lupa kitamemindahkan
kursor waktu yang berada dibawah jendela dan menentukan waktu pergerakan
objeknya.
Berikut
ini adalah bebrapa cuplikan animasi yan sudah saya buat.
Ini
pada saat mahasiswa datang kekelas dan ingin duduk.
Posisi pada saat Dia duduk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar