INTARAKSI
MANUSIA DENGAN KOMPUTER
1.
DFINISI
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (IMK)
Adalah
sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik
tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem
yang bertopengkan sebuah antarmuka (interface).
A.
Perilaku
Navigasi
Pada
suatu situs (jual beli khususnya) penggunaan navigasi yang baik sangat penting
untuk dilakukan bagi para pembuat online. Para pembuat situs website tersebut
harus bisa membuat suatu navigasi agar pengunjung situs tersebut tidak bosan
dengan melihatnya. Ada dua tipe navigasi. Yang pertama adalah yang standar,
yang memberikan overview dan peta penjelajahan situs. Biasanya bisa ditemukan
secara konsisten baik di bagian atas, samping atau footer. Yang kedua adalah
navigasi versi advance. Jenis ini masih bertujuan memberikan alat untuk
menelusuri situs, namun dengan cara lebih spesifik. Misal lewat kategori,
pengarang, produsen, range harga, dan lain lain. Navigasi semacam ini
sebenarnya mirip dengan fitur search namun sudah diberi antar muka yang lebih
intuitif. Alih-alih model kotak isian teks kosong, calon pembeli diberi
beberapa nilai default yang bisa dipakai lewat link yang disediakan. Lebih
keren lagi, calon pembeli bisa melakukan penelusuran bertingkat, misalnya:
kategori buku, di-drilldown dengan topik IT dan Marketing, di-tune lagi pada
level berikutnya dengan range harga 100 ribu sampai 400 ribu, lalu difinalisasi
dengan reviewed by NavinoT. Calon pembeli pun akan sampai pada apa yang
benar-benar dia cari.
B.
Perilaku
Pencarian
Fitur
pencarian internal tentunya telah di desain dengan batasan tertentu. Ketika
situs Anda tumbuh tentunya Anda akan semakin tahu pola pemakaian oleh pengguna.
Termasuk di dalamnya adalah pola pencarian dalam rangka mendapatkan pengalaman
terbaik dalam pemanfaatan situs. Dalam kasus seperti diatas kita ingin
membandingkan 2 situs jual beli online dimana kita liat dari navigasi dan
pencarian yang terdapat didalam situs web tersebut.
saya menyimpulkan bahwa
adanya kekurangan & kelebihan.
Kekurangan
·
Seperti pada prinsip accesbility,
penggunaan bahasa hanya untuk user yang bisa berbahasa Indonesia, sehingga bagi
orang asing yang ingin mengunjungi atau melakukan transaksi sangat sulit.
·
Transaksi tidak bisa dilakukan secara
online
Kelebihan
·
Penempatan terstruktur
·
Diharuskan menjadi member untuk setiap
user
·
Simple & efisien
C.
Web
Merefleksikan perilaku Sosial
Web
dapat merefleksikan perilaku sosial masyarakat. Dengan menggunakan IP address,
masyarakat mudah untuk mengakses situs – situs seperti penjualan online, media
sosial yang akan mempengaruhi perilaku sosial mereka. Sebagai contoh yang
sering terjadi yaitu seseorang yang sering mengakses media sosial seperti
facebook.
D.
Web
mempengaruhi perilaku sosial
Dampak positif :
Informasi
yang ada di masyarakat dapat langsung dipublikasikan dan diterima oleh
masyarakat. Sumber informasi tidak hanya berasal dari satu orang saja. Dalam
masyarakat, semua orang dapat menjadi sumber informasi. Setiap orang dapat
saling bertukar informasi satu sama lain. Informasi itu pun menyebar sampai
kepada seluruh lapisan masyarakat dengan cepat melalui media-media TIK yang
ada.
Dampak negatif :
Media
sosial disalah gunakan oleh orang orang yang tidak berperikemanusiaan.
contohnya, media sosial di gunakan untuk media jual beli anak.
2.
STRUKTUR WEB DAN ANALISA WEB
Hal
pertama dalam mempelajari sesuatu biasanya adalah pengenalan. Begitu juga
mengenai website, sebelum mempelajarinya lebih jauh, ada baiknya kita
mengetahui bagian-bagian pembentuk sebuah website. Minimalnya dengan itu kita
tahu, bagian mana yang bisa kita tangani, dan mana yang harus menggunakan jasa
orang lain. Atau, kita tahu bagian mana yang harus diotak-atik dalam
troubleshoting.
Secara
garis besar, agar dapat diakses oleh publik, sebuah website harus memiliki
empat komponen utama. Jika manusia memiliki nama, tubuh, jiwa, dan rumah tempat
tinggal, maka sebuah website pun memilikinya. Nama website, umumnya panduan
dari domain dan TLD (Top Level Domain), dimana nama ini bersifat uniq yaitu
tidak ada yang sama satupun didunia ini. Domain website ini adalah jayaweb,
website ini menggunakan tld .com, jadi nama website ini adalah jayaweb.com.
Beberapa
tld lainnya yaitu .net, .info, .biz, dll. Tapi ada juga nama website
menggunakan subdomain (sub/anak dari domain), semisal blog.jayaweb.com Tubuh,
dalam hal ini adalah struktur dan layout dasar sehingga website dapat tampil
dengan baik. Struktur utama sebuah website dibentuk oleh script html, dihiasi
oleh css dan gambar latar dan icon, agar dapat mengolah data maka dicerdaskan
oleh php, asp, jsp atau lainnya. Dan agar terlihat lebih atraktif, interaktif
dan lebih hidup, biasanya sebuah website disenjatai dengan javascript dan
gambar-gambar animasi dan flash. Jika Anda enggan pelajari web programing,
minimalnya Anda harus mempelajari cms agar dapat membuat website sendiri,
semisal cms wordpress dan joomla.
Jiwa,
adalah fungsi dan isi/content yang berkenaan dengan fungsi website, sesuai
dengan tujuan dibuatnya website itu. Macam-macam website berkenaan dengan hal
ini diantaranya adalah website sebagai toko online, website sebagai blog,
portal, social media, album photo, profil perusahaan, dll, yang tentunya
memiliki type content yang berbeda sesuai fungsinya. Untuk web
desainwebnet.com, contentnya adalah artikel tentang pembuatan website, belajar
website dan info bisnis online, karena website ini saya peruntukan sebagai web
yang juga berfungsi juga untuk publikasi.
Rumah,
bagi sebuah website adalah hosting untuk menempatkan file-file dan database
website tersebut. Hosting disini adalah server yang terhubung ke internet, jadi
sever local semisal apache di localhost bukanlah sebuah hosting dalam bahasan
disini. Jadi ketika seseorang mengakses sebuah website, sebenarnya dia sedang
mengakses sebuah komputer server yang terkoneksi ke internet, yang telah
disediakan oleh pihak hosting untuk disewakan.
Dan
harus Anda ingat, sampai dengan saat ini era informasi masih berjaya. Jadi
tidak ada salahnya kita belajar membuat dan mengelola website. Asal ada
kemauan, siapapun bisa melakukannya, termasuk kita.
A.
Link Structure
Sebuah
jaringan kecil dunia adalah jenis grafik matematika di mana sebagian besar node
tidak tetangga satu sama lain, tetapi kebanyakan node dapat dicapai dari setiap
lain oleh sejumlah kecil hop atau langkah-langkah. Secara khusus,
jaringan-dunia kecil didefinisikan sebagai jaringan di mana L jarak khas antara
dua node yang dipilih secara acak (jumlah langkah yang diperlukan) tumbuh
secara proporsional dengan logaritma dari jumlah node N dalam jaringan,
yaitu:
B.
Jejaring Sosial
Social
Networking adalah sebutan lain terhadap website community. Social Networking
adalah tempat untuk para netter berkolaborasi dengan netter lainnya. Bentuk
kolaborasi antara lain adalah saling bertukar pendapat/komentar, mencari teman,
saling mengirim email, saling memberi penilaian, saling bertukar file dan yang
lainnya. Intinya dari situs social networking adalah interaktifitas. Contoh
dari social networking yang sering digunakan: Facebook, Friendster, MySpace,
Twitter.
C.
Blog
Blog merupakan singkatan dari web
log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai
tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web
umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru
dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya
demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna
Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog.
D.
Small – World Network
Small World Network adalah sebuah tipe grafik matematikal yang dari
banyaknya simpul , namun tidak berhubungan dengan simpul yang lainnya (berbeda)
, tetapi banyak nya simpul bisa menjangkau setiap simpul kecil lainnya.
Khususnya, small-world network didefinisikan sebagai jaringan di mana L jarak
antara dua node yang dipilih secara acak (jumlah langkah yang diperlukan)
tumbuh secara proporsional dengan logaritma dari jumlah node N dalam jaringan,
yaitu:
Dalam konteks jaringan sosial, hasil dalam fenomena small world netwok
untuk orang asing (orang tak dikenal) yang dihubungkan dengan cara
berinteraksi. Banyak grafik empiris dengan baik dimodelkan oleh jaringan-dunia
kecil. Jaringan sosial, konektivitas internet, wiki seperti Wikipedia, dan
jaringan gen semua karakteristik small world network.
3.
WEB
ANALIS
Web adalah pengukuran, pengumpulan, analisis dan pelaporan data internetuntuk tujuan memahami dan mengoptimalkan penggunaan web.Web analytics bukan hanya alat untuk mengukur lalu
lintas situs
Web tetapi
dapat digunakan
sebagai alat untuk penelitian bisnis dan riset pasar. Web analytics aplikasijuga dapat membantu perusahaan mengukur hasil kampanye iklan cetak tradisional. Ini
membantu seseorang
untuk memperkirakan bagaimana lalu
lintas ke situs
web berubah setelah
peluncuran
kampanye iklan baru. Analisis Web menyediakan data
tentang jumlah pengunjung, tampilan halaman, dll untuk mengukur lalu
lintas dan
trenpopularitas
yang
membantu melakukan riset pasar.
Ada dua
kategori analisis Web; off analisis-situs dan web-site.
Off-situs web analytics web mengacu
pada pengukuran dan analisis terlepas dari apakah Anda memiliki atau mempertahankan sebuah website. Ini mencakup pengukuran potensi pemirsa website (peluang), berbagi suara (visibilitas), dan buzz(komentar) yang terjadi di internet secara keseluruhan. On-situs web analytics mengukur perjalanan pengunjung sekali pada website Anda. Ini termasuk driver dan konversi, misalnya, halaman arahan yang mendorong orang untuk melakukan pembelian. Pada analisis web-
site mengukur kinerja website Anda dalamkonteks komersial. Data ini biasanya dibandingkan terhadap indikator kinerja utamauntuk kinerja, dan digunakan untuk memperbaiki situs web atau tanggapan penontonpemasaran kampanye.
Secara historis, analisis web telah disebut pengukuran pengunjung di tempat. Namun dalam beberapa tahun terakhir ini telah kabur, terutama karena vendor yang memproduksi peralatan yang menjangkau kedua kategori. Sisa kekhawatiran ini artikel tentang analisis web-site.
Secara historis, analisis web telah disebut pengukuran pengunjung di tempat. Namun dalam beberapa tahun terakhir ini telah kabur, terutama karena vendor yang memproduksi peralatan yang menjangkau kedua kategori. Sisa kekhawatiran ini artikel tentang analisis web-site.
A.
PENGUKURAN WEB
Apa
Saja Tools Analisis Web ?
Dibawah ini, ada 8 Tool Analisa Web yang
dapat membantu anda untuk analisis website dengan memberikan informasi detail
dari segi “accessibility” dan desain. Semua tool online dibawah ini, gratis dan
sangat mudah untuk digunakan :
a. Color
Blindness Simulator
Colour Blindness Simulator,
dapat membantu anda untuk memeriksa bagaimana aspek gambar dan pewarnaan
(color) dari website/blog. Anda juga dapat dengan cepat upload file gambar
(JPEG) dengan resolusi 1000x1000px dan analisa aspek pewarnaan halaman
website anda.
b.
Juicy Studios Image Analyzer
Dengan tool online ini, kita dapat
menganalisa masalah setiap gambar yang ada pada halaman website. Tool ini juga,
dapat menginformasikan detail informasi width, height, alt,
dan longdesc, makanya tool website - Image Analyzer merupakan salah satu
tool analisa website terbaik.
c.
Firefox Accessibility Extension
Jika anda termasuk pengguna web browser
Firefox, maka Add-ons Friefox ini sangat penting karena dengan Add-ons ini,
anda dapat aktifkan setiap element desain dari halaman website. Anda dapat
dengan cepat buat daftar gambar dan element yang lain. Add-ons ini juga
disertakan dengan standar validasi “W3C HTML Validator” .
d.
Test and Improve Readability
Tool Online gratis dengan fitur untuk
testing dan meningkatkan konten website anda.
e.
LinkPatch
“Broken link” membuat halaman
webstie.blog dan yang lain menjadi tidak dapat diakses, hal ini adalah yang
terpenting selain faktor SEO, tapi dengan tool seperti LinkPatch, untuk cek
“broken link” dari semua URL yang anda inginkan. Dengan LinkPatch, anda dapat
install kode tracking dalam hitungan detik dengan fitur monitoring.
f.
WAVE
WAVE merupakan tool interaktif yang
menunjukkan tingkat kunjungan dari website dengan 3 cara yang berbeda: “Errors,
Features, and Alerts”, “Structure/Order”, dan Text-Only”.
g.
AccessColor
Tes AccessColor kontras warna dan “color
brightness” antara bagian depan dan belakang dari semua element DOM.
AccessColor akan menemukan kombinasi warna yang relevan dengan dokumen HTML dan
CSS.
h.
aDesigner
aDesigner
adalah simulator yang membantu desainer untuk memastikan konten dan aplikasinya
diakses. aDesigner juga membantu user untuk cek aksesbility dokumen ODF dan
Flash.
B.
SEARCH
ENGINE
Adalah
program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas
yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group
dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Search
engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang
tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang
seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas
suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target
pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs
web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga
diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu
basisdata ataupun direktori web.
Sebagian
besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan
algoritma kepemilikan dan basisdata tertutup, di antaranya yang paling populer
adalah Google (MSN Search dan Yahoo!). Telah ada beberapa upaya menciptakan
mesin pencari dengan sumber terbuka (open source), contohnya adalah
Htdig, Nutch, Egothor dan OpenFTS
CONTOH-CONTOH SE :
CONTOH-CONTOH SE :
a. GOOGLE
google
muncul pada akhir tahun 1997, dimana google memasuki pasar yang telah diisi
oleh para pesaing lain dalam penyediaan layanan mesin pencari, seperti Yahoo,
Altavista , HotBot, Excite, InfoSeek dan Lycos. dimana perusahaan-perusahaan
tersebut mengklaim sebagain perusahaan tabg bergerak dalam bidang layanan
pencarian internert. Hingga akhirnya Google mampu menjadi sebagai penyedia
mesin pencari yang cukup diperhitungkan didunia.
b. Yahoo
Yahoo raja
directori di internet disamping para pengguna internet melihat DMOZ serta
LookSma berusaha menurunkan nya diposisi puncak tersebut. akhir-akhir ini telah
tumbuh secara cepat dalam ukurannya mereka pun sudah memliki harga sehingga
mudah untuk memasukinya, dengan demikian mendapatkan sebuah daftar pada
direktori yahoo memang memiliki nilai yang tinggi.
PERBEDAAN
SEARCH ENGINE
a. Yahoo! dan
bing : On page keyword merupakan faktor yang paling penting .
b. Google :
linklah yang merupakan faktor yang sangat penting. halaman website google
seperti wine semakin tua umurnya semakin bagus peringkatnya. Google akan secara
otomatis melakukan pencarian dengan logika boolean dengan menggunakan
batasan-batasan AND, NOT, PHRASE, dan OR. google tidak mendukung pemotongan,
penambahan dan tidak membedakan bentuk huruf besar atau kecil. kelebihan google
menggunakan relavansi dan linking, yaity jumlah tertentu halaman-halaman
sejenis yang berhubungan dengan halamab yang dicari. Google juga menyediakan
file-file berekstensi PDF yang jarang dihasilkan oleh alat-alat pencari
lainnya.
c. Yahoo :
untuk yahoo tidak mementingkan layaknya seperti google. yahoo tidak menggunakan
robot dalam membuat direktori informasi, web ini bergantung pada jumlah website
yang didaftakan di direktori mereka. Sekalipun demikian yahoo sangat selektif
dalam menerima situs-situs yang didaftarkan. karena yahoo tidak mempunyai
jangkauan yang luas, maka web ini menyediakan mesin pencari milik google sebagai
pelengkap.
d. google dan
Altavista :
1. Loading altavista lebih lama daripada google.
2. Tampilan altavista kurang menarik
3. Altavista lebih sulit dalam pengambilan data dibanding google.
1. Loading altavista lebih lama daripada google.
2. Tampilan altavista kurang menarik
3. Altavista lebih sulit dalam pengambilan data dibanding google.
e.
Alltheweb : metode pencarian dalam web ini menggunakan
logika boolean. kita dapat membatasi pencarian hanya pada judul, teks, nama
link, URL, link, bahasa, dan domain. Ranking pencarian didasarkan pada
relavansi, analisa link, penempatan teks pada halaman tertentu, danpenggunaan
kata kunci.
C.
CRAWLER
Proses
pengambilan sejumlah besar halaman web dengan cepat kedalam satu tempat
penyimpanan lokal dan mengindexnya berdasarkan sejumlah kata kunci. yakni
sebuah komponen utama dalam sebuah Search Engine (Mesin Pencari), sebagai
Aplikasi Information Retrieval Modern
CARA KERJA :
suatu data dikumpulkan oleh web
crawler kemudian digunakan oleh mesin pencari untuk memberikan link situs yang
relavan bagi pengguna ketika mereka melakukan pencarian. web crawler menangkap
banyak hal yang berbeda ketika mereka memindai situs. Informasi diperoleh dari
metatag, konten itu sendiri dan link. untuk mendapatkan ide yang baik dari apa
situs adalah tentang. Crawler digunakan sebagai scan situs anda. jika ada
bagian-bagian tertentu dari situs yang seharusnya tidak diindeks, mereka harus
mencatat dalam file ini. setelah mendapat instruksi crawler dari file ini, akan
mulai dengan merangkak halaman situs anda. Ini kemudian
akan melanjutkan ke indeks konten, dan kemudian akhirnya akan mengunjungi link
di situs Anda. Jika crawler mengikuti link dan tidak menemukan halaman, maka
akan dihapus dari indeks. Informasi yang dikumpulkan dari situs Anda kemudian
disimpan dalam database, yang kemudian digunakan oleh mesin pencari.
BEBERAPA CONTOH WEB CRAWLER :
a.
Teleport Pro
Salah satu
software web crawler untuk keperluan offline browsing. Software ini
sudah cukup lama popular, terutama pada saat koneksi internet tidak semudah dan
secepat sekarang. Software ini berbayar dan beralamatkan di http://www.tenmax.com.
b.
HTTrack
Ditulis
dengan menggunakan C, seperti juga Teleport Pro, HTTrack merupakan software
yang dapat mendownload konten website menjadi sebuah mirror pada
harddisk anda, agar dapat dilihat secara offline. Yang menarik software
ini free dan dapat di download pada website resminya di http://www.httrack.com
c.
Googlebot
Merupakan web
crawler untuk membangun index pencarian yang digunakan oleh search
engine Google. Kalau website anda ditemukan orang melalui Google, bisa
jadi itu merupakan jasa dari Googlebot. Walau konsekuensinya, sebagian
bandwidth anda akan tersita karena proses crawling ini.
d.
Yahoo!Slurp
Kalau
Googlebot adalah web crawler andalan Google, maka search engine Yahoo
mengandalkan Yahoo!Slurp. Teknologinya dikembangkan oleh Inktomi Corporation yang diakuisisi oleh Yahoo!
e.
YaCy
Sedikit
berbeda dengan web crawler lainnya di atas, YaCy dibangun atas
prinsip jaringan P2P (peer-to-peer), di develop dengan menggunakan java,
dan didistribusikan pada beberapa ratus mesin computer (disebut YaCy peers).
Tiap-tiap peer di share dengan prinsip P2P untuk
berbagi index, sehingga tidak memerlukan server central. Contoh search engine
yang menggunakan YaCy ialah Sciencenet, untuk pencarian dokumen di bidang sains.
D.
WEB ARCHIVING
adalah proses mengumpulkan bagian
dari WWW dan memastikan koleksi tersebut diawetkan dalam suatu arsip, misalnya
situs arsip, untuk diakses peneliti, sejarawan, dan masyarakat umum pada masa
datang. Besarnya ukuran Web membuat arsiparis web umumnya menggunakan web
crawlers untuk pengumpulan secara otomatis. Organisasi pengarsip web terbesar
yang menggunakan ancangan perangkak web ini adalah Internet Archive yang
berupaya memelihara arsip dari seluruh Web. Perpustakaan nasional, arsip
nasional, dan berbagai konsorsium organisasi lain juga terlibat dalam upaya
pengarsipan konten Web yang memiliki nilai penting bagi mereka. Perangkat lunak
dan layanan komersial juga tersedia bagi organisasi yang ingin mengarsipkan
konten web mereka sendiri untuk berbagai keperluan.
CARA KERJA
WEB ARCHIVING
a. Remote Harvesting
Merupakan cara yang plaing umum
dalam web archiving dengan menggunkana teknik web crawlers yang secara otomatis
melakukan proses pengumpulan halaman web. Metode yang digunakan web crawler
untuk mengakses halaman web sama
semeprti user mengakses halaman web menggunakan wob browser. Contoh web crawler yang digunakan dalam web
archiving seperti :
·
Heritrix
·
HTTrack
·
Wget
b. On-Demand
Ada banyak layanan yang dapat
digunakan sebagai sumber archive web "on-demand", menggunakan teknik
web crawling. Contohnya seperti
·
Aleph
Archives
·
archive.is
·
Archive-It
·
Archivethe.net
·
Compliance
WatchDog by SiteQuest Technologies
·
freezePAGE
snapshots
·
Hanzo
Archives
·
Iterasi
·
Nextpoint
·
Patrina
·
PageFreezer
·
Reed
Archives
·
Smarsh Web
Archiving
·
The Web
Archiving Service
·
webEchoFS
·
WebCite
·
Website-Archive.com
c. Database archiving
Databasa Archiving mengacu pada
metode untuk menarsipkan konten database-driven websites. Hal ini biasanya memerlukan ekstraksi konten
database ke standard schema, sering menggunakan XML. Setelah disimpan dalam
format standar, konten yang diarsipkan dari beberapa databse dapat tersedia
untuk diakses dengan menggunakan single access system. Motode ini digunkanan
seprti pada DeepArc dan Xinq masiing
masing dikembangkan oleh Bibliothèque nationale de France dan National Library of Australia.
d. Transactional archiving
Transactional archiving merupakan
event-driven yang mengumpulkan
transaksi yang berlangsung antara
web server dan web browser. Hal ini
terutama digunakan untuk menjamin keaslian dari isi suatu website, pada tanggal
tertentu. Hal ini sangatlah penting untuk organisasi atau perusahaan yang perlu
mematuhi persyaratan hukum atau peraturan untuk mengungkapkan dan
mempertahankan informasi.
Sistem yang digunakan pada
transactional archiving biasanya beroperasi dengan memeriksa setiap permintaan HTTP dan respon dari web
server, menyaring setiap aktifitas untuk menghilangkan konten yang duklikat dan
secara permanen disimpan sebagai bitstreams. Sebuah sistem transactional
archiving membutuhkan instalasi perangkat lunak pada web server, dan karena hal
itu maka metode ini tidka dapat mengumpulkan konten dari remote website.
4.
Ekonomi Web
A.
Iklan
Iklan merupakan salah satu cara
untuk memperkenalkan barangan, perkhidmatan, peluang pekerjaan, inspirasi dan
maklumat kepada yang ingin disampaikan. Walaupun periklanan bukan saluran media
massa tetapi sejarah dan perkembanganya berkait rapat dengan sejarah dan
perkembangan media massa. Revolusi percetakan dan penciptaan alat cetak oleh
Johannes Gutenberg pada 1440 merupakan peristiwa paling penting dalam permulaan
kegiatan periklanan di dunia.
Karakteristik
Lingkungan Periklanan:
a. kekuatan lingkungan selalu berubah
b. perubahan lingkungan menciptakan
ketidakpastian, ancaman, peluang (dalam dinamika periklanan)
c. tanggapan terhadap perubahan
lingkungan:
1. reaktif apabila tdk dpt
mengendalikan elemen-2 lingkungan, caranya selalu menyesuaikan diri dengan
perkembangan yang ada.
2. proaktif apabila memiliki sejumlah
kendali dan resources, caranya dgn mengambil langkah-2 utk melakukan perubahan
yg menghasilkan lingkungan yg lebih kondusif.
Iklan
Terhadap Pengaruh Ekonomi:
a. Iklan sebagai transaksi atau
peristiwa ekonomi yang mampu mempengaruhi kehidupan ekonomi masyarakat.
·
Iklan
sebagai kegiatan jual beli (untuk menyampaikan pesan, pengiklan harus membayar
media yang dipilih).
·
Memberi
keuntungan kepada agen iklan.
·
Membuka
lapangan kerja.
·
Iklan
menjaadi salah satu bidang bisnis yang menjanjikan.
·
Industri
periklanan menjadi salah satu pilihan kerja yang menjanjikan.
·
Seiring
dicanangkannya industri kreatif, iklan menjadi salah satu profesi bergengsi.
·
Saat krisis
ekonomi 1998, industri periklanan merupakan satu-satunya industri yang cepat
keluar dari keterpurukan.
b. Dampak (Cakram, Juni 2000). Artinya
kalangan industri masih memberikan kepercayaan melakukan promosi .
·
pesan yang
ditimbulkan.
·
Meningkatkan
pemasaran produk.
B.
Pencarian
Metode
Pencarian dan Pelacakan:
Hal penting dalam menentukan
keberhasilan sistem cerdas adalah kesuksesan dalam pencarian. Pencarian
adalah suatu proses mencari solusi dari suatu permasalahan melalui sekumpulan
kemungkinan ruang keadaan(state space). Ruang keadaan adalah suatu ruang
yang berisi semua keadaan yang mungkin. Untuk mengukur perfomansi metode
pencarian, terdapat empat kriteria yang dapat digunakan :
·
Completeness
: apakah metode tersebut menjamin penemuan solusi jika solusinya memang ada?
·
Time
complexity : berapa lama waktu yang diperlukan?
·
Space
complexity : berapa banyak memori yang diperlukan
·
Optimality :
apakah metode tersebut menjamin menemukan solusi yang terbaik jika terdapat
beberapa solusi berbeda?
Dua teknik pencarian dan pelacakan:
a. Pencarian buta (blind search)
Pencarian melebar pertama (Breadth – First Search)
Pencarian mendalam pertama (Depth – First Search)
Pencarian mendalam pertama (Depth – First Search)
b. Pencarian terbimbing (heuristic
search)
Pendakian Bukit (Hill Climbing)
Pencarian Terbaik Pertama (Best First Search)
Pencarian Melebar Pertama (Breadth-First Search)
Pencarian Terbaik Pertama (Best First Search)
Pencarian Melebar Pertama (Breadth-First Search)
Semua node pada level n akan
dikunjungi terlebih dahulu sebelum level n+1. Mulai dari akar terus ke
level 1 dari kiri ke kanan. Kemudian ke level selanjutnya hingga solusi
ditemukan.
Keuntungan :
Keuntungan :
a. Tidak akan menemui jalan buntu
b. Menjamin ditemukannya solusi (jika
solusinya memang ada) dan solusi yang ditemukan pasti yang paling baik
c. Jika ada satu solusi maka
bread-first search akan menemukannya
Kelemahannya
a. Membutuhkan memori yang cukup banyak
b. Membutuhkan waktu yang cukup lama
C.
Auctioning
Lelang online merupakan Suatu
lelang/tawar menawar yang dilakukan secara online. Di lelang online ini sendri
terdapat keuntungan dan kelemahannya. Inilah beberapa keuntungan dan kelemahan
dari lelang online :
·
Keuntungan
dari lelang online
a. Tidak terbatas oleh waktu dan tempat
b. Jumlah penawar dan penjual yang
besar
c. Jaringan Ekonomi
·
Kelemahan
dari lelang online
a. Sering terjadi kegagalan proses up load
penawaran pada paket lelang,
b. Penawaran tidak sesuai syarat
(underpriced bid) yang masih sering terakomodir,
c. Penanggung-jawab dari system online
tidak jelas dan
d. Security system terkait kerahasiaan
data penawaran juga tidak jelas.
Selain keuntungan dan kelemahan
lelang online, lelang online juga memiliki proses segmentasi yaitu :
a. E-Auction Web Site penyediaan
website auction untuk pelanggan e-auction
b. Spider Program adalah program
pencarian yang lebih memuaskan. Spider mulai pada situs yang popular pada
halaman awal kemudian bergerak ke halaman lain mengikuti hyperlink. Spider akan
mengirimkan informasi tentang judul dan kepala suatu halaman (kop) web.
c. Customer Profiles adalah data
pelanggan e-auction
d. Customer Segmentation yang dimaksud
adalah Pelanggan e-Auction yaitu perusahaan-perusahaan yang berminat untuk
mereduksi biaya proses pengadaan barang dan jasanya dalam e-auction
e. Customer Behavior Model sebuah model
konsumen yang menyangkut tentang bagaimana mengapa,kapan dan dimana orang
tersebut mau membeli atau tidak produk tersebut.
Setelah itu ada pula factor factor
dalam proses pengambilan keputusan, factor factor tersebut meliputi sebagai
berikut :
a. Technology berhubungan dengan it
yang mendukung proses e-auction
b. Logistics menyangkut masalah
pembayaran, pengantaran barang
c. Decision Making apakah orang
tersebut mau membeli atau tidak barang tersebut
d. Environmental Characteristics
menyangkut masalah lingkungan tempat orang tersebut tinggal
e. Personal Characteristics menyangkut
identitas atau profil calon pembeli
f. Stimuli berhubungan dengan masalah
harga, promosi, produk, dan kualitas barang
Dan yang terakhir di lelang online
ada yang dinamakan 6 langkah penyelesaian misi, 6 langkah penyelesain misi
tersebut adalah :
a. Pertama, semua data transaksi
konsumen harus diambil dari sebuah situs web e-lelang.
b. Langkah kedua adalah untuk memilih
variabel yang signifikan sebagai data input dari algoritma segmentasi pelanggan
yang diusulkan. Sebelum analisis data data mentah harus dinormalisasi ke dalam
variabel yang antara nol dan satu dan dapat dianalisis dengan jaring saraf,
maka
c. Langkah ketiga adalah untuk
mengkonversi data ke dalam format yang normal.
d. Langkah keempat adalah menerapkan
model jaringan saraf untuk data cluster ke dalam beberapa kelompok yang
homogen.
e. Langkah kelima adalah ting
menafsirkan data-data pelanggan dikelompokkan dalam beberapa kelompok.
Dari bahasan di atas sudah
dijelaskan secara rinci mengenai analisa web dan ekonomi web. Semoga bahasan di
atas dapat membantu para pembaca untuk dapat memahami lebih lagi mengenai web
science. Sekian artikel dari kelompok kami. Terima kasih...
SUMBER :
http://fadhlanahdianpratama.blogspot.com/2013/06/interaksi-manusia-dengan-komputer-imk.htmlhttp://irvanniz.blogspot.com/2014/06/web-science-4-analisis-web-ekonomi-web.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar